Cara Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Usia Dini

Menanamkan berbagai macam pelajaran untuk anak itu gak Cuma berbagai materi pelajaran untuk semua hal yang berhubungan dengan duniawi saja. Melainkan kita juga harus memberikan segala macam pendidikan yang berhubungan dengan dunia agama. Agar nantinya anak bisa memiliki moral yang bagus. Dan dengan moral yang bagus, maka nantinya anak akan bisa mempunyai berbagai macam pikiran serta pandangan yang bagus akan dunia maupun akhirat. Ada beberapa cara yang telah di lansir oleh tibuku mengenai tips untuk bagaimana kita sebagai orang tua agar mampu untuk menanamkan semua pendidikan agarma ke anak. Berikut ini beberapa cara.
1. Mengenalkan anak pada Tuhan. Hal yang pertama banget anak harus kita beri tahu kalau di dunia ini ada yang namanya Tuhan. Dan Tuhan itu hanya satu saja, gak ada yang lainnya. Kamu juga bisa menunjukan bukti semua kuasa dan kemampuan Tuhan. Hal ini agar anak percaya dan tahu bahwa Tuhan itu benar-benar ada dan harus di hormati. Kamu juga bisa mulai mengenalan kepada anak semua mahluk ciptaan Tuhan. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan dan sebagainya.
2. Mengajarkan sikap yang baik. Pada dasarnya semua agama selalu mengajarkan kebaikan. Kamu bisa mulai mengajarkan kepada anak kalau kita harus baik kepada semua hal. Bukan Cuma kepada sesama manusia saja, melainkan kepada hewan, tumbuhan dan semua cuptaan Tuhan yang lain. Selain itu kamu juga bisa mengajarkan kepada anak agar selalu mendengarkan nasehat kita dengan baik. Perlu diingat juga kalau saat memberitahu ke anak, lakukanlah dengan sabar dan penuh kasih sayang. Agar anak tidak merasa terlalu di atur.
3. Menceritakan berbagai cerita teladan. Hal ini bisa dilakukan dengan menceritakan berbagai tokoh agama yang ceritanya sudah sangat terkenal. Kalu perlu belikan juga buku-buku yang isinya memang menceritakan tentang kisah dari para tokoh agama tersebut. Karena di buku itu pastinya ada kisah moral yang sangat bagus sehingga nantinya bisa di tirukan oleh anak kita. Cerita semacam ini juga sangat bisa apabila kita manfaatkan sebagai cerita sebelum anak kita akan pergi tidur.

4. Mengajak anak ke tempat ibadah. Hal ini memang biasanya cukup di khawatirkan oleh orang tua. Terutama anak memang sangat senang bermain dan selalu berisik. Apalagi kalau disana sudah bertemu dengan teman, nanti pastinya mereka akan lebih berisik dan banyak bermain lagi. Tapi hal ini memang resiko yang biasa, dan perlu sekali untuk kita lakukan agar anak kita terbiasa untuk selalu berada di tempat ibadah. Kalau perlu sebelum berangkat beri pengertian dulu pada anak agar nantinya gak berisik atau rewel saat berada di tempat ibadah.
Itulah beberapa cara menenamkan pendidikan agar ke anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *