Pengertian Kata ‘Roda’ dalam KBBI

Apa yang ada di dalam pikiran Anda ketika mendengar kata ‘roda’? Mungkin Anda akan membayangkan sebuah benda berbentuk bulat atau lingkaran yang terdapat dalam kendaraan. Kita memang sering menemukan roda yang merupakan bagian dari sebuah kendaraan. Roda memang harus lah sebuah benda yang berbentuk atau lingkaran, karena coba Anda bayangkan saja bagaimana dan apa yang terjadi jika sebuah roda pada kendaraan berbentuk selain bulat, misalnya kotak? Tentu saja kendaraan pun tidak akan bisa bergerak semulus biasanya, atau bahkan tidak bisa bergerak sama sekali.

Roda memang sudah digunakan sejak zaman dahulu ketika kendaraan bermesin atau kendaraan bermotor belum diciptakan. Pada masa itu, roda masih terbuat dari kayu. Bentuk roda pada masa itu pun sudah berbentuk bundar. Faktanya, roda bukan hanya sekadar sebuah alat berbentuk bundar, tetapi memiliki makna yang lain. Makna yang lain tersebut dapat tercipta ketika kata ‘roda’ digabungkan dengan kata lain dengan membentuk sebuah kata gabungan, sehingga makna ‘roda’ yang ada pada kata gabungan tersebut belum berarti sama dengan kata ‘roda’ ketika masih merupakan kata tunggal. Untuk mengetahui hal tersebut, kita sebagai warga Indonesia memiliki Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan sebuah kamus yang dikeluarkan oleh Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang berisi lebih dari 120.000 kata pada edisi kelima yang merupakan edisi terakhir. Kamus Besar Bahasa Indonesia tersedia secara daring dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi telepon pintar guna memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengaksesnya karena KBBI dalam bentuk fisik sangatlah tebal sehingga tidak mudah dibawa-bawa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita bisa menemukan kata ‘roda’. Dalam KBBI, kata ‘roda’ bermakna ganda. Makna pertama yaitu roda sebagai barang bundar yang berlingkar dan biasanya berjeruji. Makna kedua yaitu roda sebagai kegiatan yang berkesinambungan, seperti dalam frasa ‘roda pemerintahan’. Kata ini juga dapat digabung dengan kata lainnya dengan jumlah yang cukup banyak sehingga membentuk kata atau frasa dengan makna yang baru, sebagai yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

1. Roda angin
2. Roda gaya, yang merupakan roda berat untuk mengatur kecepatan dan keselarasan gerakan pada mesin kapal tempat roda itu menemple
3. Roda gending yang berarti roda gila. Roda gila merupakan roda yang digunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran pada roda, biasa digunakan pada sepeda motor.
4. Roda gerak, merupakan roda turbin yang mendapat tenaga geraknya dari air, uap, atau angin melalui sudu-sudunya
5. Roda gigi, merupakan roda dari logam yang berbentuk bulat pipih dan bergerigi pinggirannya
6. Roda jalan, merupakan roda kecil tunggal yang terletak di bagian belakang sebuah lokomotif yang tidak turut dalam rangkaian roda gerak lokomotif
7. Roda kapal, merupakan baling-baling kapal
8. Roda kayuh, merupakan roda berpengayuh yang dipasang pada keliling lingkaran
9. Roda penghidupan, yaitu perputaran nasib dalam kehidupan
10. Roda perekonomian, yaitu kegiatan dalam bidang perekonomian

Sebuah kata dalam bahasa Indonesia jika digabungkan dengan kata lainnya akan membentuk makna yang baru. Banyak kata gabungan dalam bahasa Indonesia. Semua bisa kita cek di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *